Music Enthusiast


Mulai terpikir olehku sejak rabu itu, bahwa memang menjadi musisi bukanlah jalanku…

Rabu kelabu itu, aku merasa kemampuan bermusikku sungguh jauh dari harapan..

Bukan karena aku mudah menyerah, tapi rasanya entah kapan aku bisa mencapai levelnya..

Aku merasa begitu takut pada les music itu dengannya,, tampaknya music begitu menakutkan bagiku hari itu..

Sudah berkali-kali aku mengulang lagu karya Mozart, Minuet in F itu di depannya,, dan berkali-kali pula aku salah.. Ya salah,, hingga akhirnya kata-kata kasar keluar dari mulutnya,, dia langsung keluar ruangan dan memainkan entah apa di piano ruangan sebelah –yang sangat cepat..

Aku tak mau music yang seperti itu, aku memainkan music untuk membuat hatiku senang, bahagia, melepas beban-beban kuliah, bukan untuk menambah bebanku..

Lalu kutanyakan padanya, perlu waktu berapa lama baginya hingga memiliki kemampuan piano prima seperti itu, berapa waktu latihannya per hari,,

Sebagai mahasiswa jurusan music, dia bilang bahwa piano ialah segalanya untuknya.. dia akan rela berlatih berjam-jam demi menyempurnakan kemampuan pianonya itu, dari jam 7 pagi hingga jam 10 malam, terus-menerus berlatih, hingga akhirnya sakit…

Dan kusadari, tak kan sanggup aku seperti dia, walau aku pun snagat mencintai piano dan music,, sebab aku bukanlah mahasiswa music seperti dirinya,, jurusanku menuntut waktu yang banyak untuk mengerjakan berbagai tugas, jadwal kuliah yang padat dan sangat melelahkan dan tentunya tidak mungkin aku berlatih dengan jam seperti dia…

Dan sejak itu kusadari, mungkin menjadi musisi bukanlah jalan bagiku,, mencintai music tidaklah selalu harus menjadi musisi,, menjadi seorang music enthusiast, pengapresiasi berbagai karya music, mendukung karya-karya para musisi bermutu juga dapat menjadi jalan bagiku untuk menyalurkan kecintaanku kepada music, disamping tentu saja terus berlatih memainkan alat music, terutama piano dan keyboard…

Mencintai music tidaklah harus selalu menjadi musisi, dan tidaklah selalu harus kuliah music formal,, Ada berbagai cara lain untuk melakukannya!!

Tinggalkan Balasan

